Tuesday, March 29, 2011

Premarital Health Screening

Inilah salah satu PR yang harus gw & Daniel selesaikan sebelom Daniel pindah ke Australia.

Banyak yang nanya sama gw, kenapa mesti mahal-mahal bayar buat check up? Terus, kalo hasilnya jelek, misalnya (amit-amit) ternyata salah satu dari kami ada penyakit, masa ga jadi kawin? Dari pertanyaan sopan sampe "Ih, ngapain sih lo pake gitu-gituan segala? Buang-buang duit aja, kaya kebanyakan duit" >> Some of you pasti tau deh ini datang dari siapa, hahahah^^... Inilah penjelasan gw:

Check up, supaya kalo salah satu dari kami ada penyakit atau carrier dari penyakit tertentu, bisa kami cegah. Misalnya seperti yang terjadi sekarang, Daniel kan ada penyakit thyroid yang emang bakalan dia turunin ke anak cewek kami (turunnya silang). Nah berarti penangguhannya adalah, kalo sampe kami punya anak cewek, dari kecil T4 & TSH nya udah harus di kontrol. Kalo sampe ada penyakit like HIV (which is kecil kemungkinannya lah...) ya kami tetep get married kok. Marriage is not only about that!! It's bigger than that!!

Maka, pada hari Sabtu tanggal 19 Maret 2011, dua anak berbaju orange ini pergi ke Shenton Medical Center, buat memberikan diri kami ditusuk dan diambil darahnyaaa!!! huhuhuhuhuhu (T.T). Daniel sih udah sering nyumbang darah. Jadi dia biasa aja. Liat tu mukanya!! Santaaaiiii coooyy....

Daniel darahnya cuma diambil 2 tabung. Curang! Abis itu giliran gw. Gw yang pengecut, ga pernah nyumbang darah (selalu pake alesan low blood pressure, hohoho), takut jarum suntik ini, rasanya mau nangis bow... Mana gw diambilnya 3 tabung. Lama banget!! Tangan gw udah kesemutan, si dokternya ngambil pelan-pelan banget. Katanya kalo cepet lebih sakit. Tapi gw maunya kan cepet + ga sakit!!

Muka gw juga kayanya tenang yah?? Kagaaa.... Gw udah belingsatan itu sebenernya. Udah mati gaya juga. Kasian deh gw pokoknya :(

Okay, sekarang, kenapa gw diambil 3 sedangkan daniel diambil 2? Soalnya... buat gw yang diperiksa lebih banyak. Gw juga diperiksa air seni, sedangkan Daniel enggak.

Mengapa? Karena gw adalah cewek, yang akan hamil. Jadi most of the virus and things sebenernya dateng dari gw, kecuali penyakit-penyakit yang sifatnya genetic. Sebenernya gw kurang paham apa aja yang diperiksa. Gw pasrah aja. Soalnya paketnya dibikinin. Gw gak ambil paket yang biasa udah tersedia. Karena (menurut yang bikinin paket, dan gw percaya sih...) ada beberapa hal yang sebenernya kita ga perlu tau & berulang, jadi sebenernya agak buang-buang uang. Misalnya, Daniel karena udah ada thyroid, maka dia udah rutin periksa T3, T4 & TSH. Jadi bagian itu boleh diilangin buat dia. Itu makan biaya banget soalnya. Terus buat gw, gw perlu cek karena keluarga bokap gw (inget kisah turun silang?) ada yang punya penyakit ini juga. Tapi, gw juga ga usah cek T3, cukup T4 & TSH aja. Kita cuma perlu liat T4 & TSH, kalo dari sana dua-duanya bagus, pasti T3 juga bagus. Gitu deh pokoknya...

Emang kalo diitung-itung kami bayarnya murah banget jadinya. Udah gitu termasuk doctor fee pula!! Horeee!!

1 comment:

  1. Wah,, aku gak pernah neh medical cekup lengkap kayak beginian.. Ntar klo mau nikah pingin ah :D

    ReplyDelete