Wednesday, December 1, 2010

Tips #1 - Memilih Venue Dalam Satu Hari Saja

Tips buat yang nyiapin kawinan dari luar negri & cuma punya waktu terbatas, cukup satu hari yang efektif!! Ini langkah-langkahnya:
  1. Kalian browsing dan browsing dan browsing lah sebanyak-banyaknya. Pokoknya kalo belom eneg & belom sakit perut pas buka, browsing aja terus!! Website & forum-forum wedding itu sangat membantu. Karena terus terang aja, abis baca forum, khazanah pengetahuan venue gw bertambah banget.
  2. Short listing 1 - pilih venue-venue yang menurut kalian cocok buat wedding kalian. Baik letak maupun kapasitas ruangan. Yang paling penting, lo suka sama bentuk & model dasar ruangan itu!!
  3. Short listing 2 - Sekarang udah tambah dikit doooong.... Boleh deh mulai minta-mintain price list.
  4. Short listing 3 - Pilih yang menurut price list masuk akal & sesuai budget. Kalo kalian liat Hotel, biasa mereka ada minimum revenue. Kadang-kadang (sering sih kalo buat gw), minimum revenue-nya suka bikin jantungan. Jadi tolong siapkan hati baik-baik sebelom liat.
  5. Short listing 4 - Yang areanya ok dan price list nya oke lo telpon atau email-in lagi satu-satu. Tanya, pada tanggal wedding lo itu masih kosong apa gak venue-nya. Kalo masih kosong mulai deh atur jadwal.... Tempat A jam 10, tempat B jam 11, dst... Jangan lupa diperhitungkan travelling time-nya, karena Jakarta is unpredictable boookkk!!
  6. Kalo gue sih... ini entah gw yang kerajinan atau emang mestinya begini, sehari sebelom gw pulang gw follow up lagi, gw ingetin. Jangan sampe deh pas gw kesana bagian banquet or restaurant manager or any person in charge-nya ga ada atau pas lagi day off. Udah gw follow up aja pas hari H ada yang "pergi makan siang", mampus ga??
  7. Setibanya di Jakarta... Tanya bokap, ada supir yang bisa nganter apa gak?? Atau mobil ada yang nganggur gak?? Kalo ga ada, pesen taxi lah!! Heheheh^^
    Enakan pake mobil pribadi sih. Soalnya kan kita mau jadi jangkrik, lompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain. Kalo keliatannya perlu, sekalian book nyokap lo aja, buat bantuin nawar kek... second opinion kek... pokoknya pasti berguna deh!! Minimal makan siang dibayarin, hihihihihi^^
  8. Tibalah waktunyaaaaaa!!! Mari survey.... Recommended numbers of venue to be surveyed for 1 day: 7 venues >> Not too bad kan?? Tapi ini depends on the location itself yah. Soalnya kebetulan kemaren gw semua venue-nya di Jakarta Pusat, daerah Sudirman, Thamrin, Menteng & sekitarnya. Anyway kemaren gw cuma survey 5 sih in the end. Abis itu gw sama nyokap ke bridal, iseng.... plus ngopi sore, hahahaha^^ Udah MUAK.

No comments:

Post a Comment